06 Maret 2007

Kamu bikin prihatin...

Dia coklat, masih muda, agak gondrong, bertampang agak sendu, tidak galak dan tidak brengsek.
Ini cerita soal kirik, bukan iklan cari jodoh, orang hilang atau daftar pencarian orang, karena sekali lagi ini soal kirik.

Jadi, saya sedang prihatin karena kirik ini sudah tiga hari nggak mampir. Memang bukan kirik milik saya, tapi kirik ini bikin meriah di tempat sehari-hari saya berada. Sudah sumadulur begitu lah... Iya lho..., sudah seperti saudara, meskipun roman muka saya masih lebih orang daripada dia -sudah saya buktikan dengan ngilo, ngaca, bercermin untuk memastikan muka saya tidak mirip si kirik (hehehehe.... sori, pu... sesama anak asu dilarang saling nyontek!).

Satu hari nggak muncul, saya pikir masih wajar..., namanya juga kirik, saba kemana-mana...
Hari kedua nggak muncul juga, saya mulai bertanya-tanya dan berprasangka, bapak-ibunya juga mulai panik...
Hari ini, sudah yang ketiga ..[garuk-garuk].. ha mosok, rindu kok mbek asu...!

"hush, hush, apu.., keluar!", "sialan apu! bau..", "smelly dog!", "asuik, mambu..", begitu kala si kirik habis nyemplung bak sampah...
"halo, apu..", "udah makan, pu?", "bapakmu mana, pu?", kata-kata para orang kalau si kirik sedang manis...
Begitulah, nama depannya Apu. Masih ada nama belakangnya, tapi nggak perlulah itu disebutkan...

Biasanya, kala tidak hujan, dia sudah nyelonong ke dapur siang-siang, atau leyeh-leyeh di teras depan, atau merecoki kucing tetangga.
Kala hujan, tetap saja keluyuran di jalan, masuk teras dan, "kipit-kipit-kipit..", terjadilah penularan basah kuyup...

Lha sekarang nggak ada lagi itu... Padahal bak sampah masih bau, hujan juga masih turun...
Kemana kamu, rik...?

10 komentar:

Moes Jum mengatakan...

lho ilang to si Apu? Ojo2 dipangan karo kanca2mu sing hobi mbadog kirik kuwi .... didadekne "sengsu"

venus mengatakan...

mudah2an si apu masih dilindungi, gak dijadiin sengsu sama si mus jum lol

anakperi mengatakan...

moes jum: sengsu ki apa ta, dhe? judul lagu pa, ya? ..disun-sengsu-we mas..
venus: hahh? jadi...? selama ini....?

Nananging Jagad mengatakan...

Oalah critone para "ashabul kipit" ; ashabul=para konco; kipit=kirik kecepit.......

*gabung QRX gank"

kawoela alit mengatakan...

wis dadi lawuhe moes jum... :D

penyayang asu mengatakan...

protess .... aku ra tau mbadhog panganan kuwi lho. Aku mung tau icip kembarane (kelinci .... heheh). Koyone sing wis piawai kuwi si kawoela alit

bagonk mengatakan...

wah... gawat...
jangan-jangan bener udah jadi rica-rica... :(

Bangsari mengatakan...

lho, bukannya ikut ke jogja bareng garuda?

koeaing! mengatakan...

asoeik ! itoe mingsih ik poenja sodara boeng ! Djangan dikoejo2 ja ? kesijan !

anakperi mengatakan...

nananging jagad: lho, bukan cuma konco, mas... sodara malah. lha wong saking dekatnya tiap hari disebut-sebut je.

kawoela alit, penyayang asu, bagonk: jadi siapa yang makan apu..!?? mosok kirik mangan kirik?

bangsari: lho tak pikir malah ikut pit-pitan sama sampeyan, kang...?

koeaing!: setoedjoe nian, boeng... tapi ngomong-ngomong itoe sodara ketemoe dimana itoe, boeng?